Saturday 26 April 2014

Batik Motif Sido Luhur

Centra batik tulis asli kampung batik tulis Giriloyo – Yogyakarta “ Sekar Langit “ mempersembahkan karya-karya batik tulis dengan mutu dan kwalitas terjamin, terpercaya baik di dalam negeri dan luar negeri, di buat oleh para pengrajin batik tulis yang profesional dan berpengalaman dalam pembuatan batik tulis karena memang batik tulis telah menjadi akar budaya di kampung batik Giriloyo secara turun temurun. Pada kesempatan kali ini kami menampilkan motif batik Sido Luhur.
Motif-motif batik tulis  berawalan sida (dibaca sido) merupakan golongan motif yang banyak dibuat para pembatik. Kata “sida” sendiri berarti jadi/menjadi/terlaksana. Dengan demikian, motif-motif berawalan “sida” mengandung harapan agar apa yang diinginkan bisa tercapai. 
Motif Sida Luhur (dibaca Sido Luhur) bermakna harapan untuk mencapai kedudukan yang tinggi, dan dapat menjadi panutan masyarakat, Sido Luhur bisa diartikan juga telah tercapai keluhuran kehidupan dan kemulian kehidupan.

Centra batik tulis " Sekar Langit" menyediakan motif batik tulis sido luhur dalam beberapa macam yaitu :

Kode        : SL 009
Kain          : Primisima
Kondisi    : Baru/New
Dimensi   : 260 cm x 105 cm
Harga       : Rp. 750.000,-







Kode        : SL 010
Kain          : Primisima
Kondisi    : Baru/New
Dimensi   : 260 cm x 105 cm
Harga       : Rp. 850.000,-







Kode        : SL 011
Kain          : Primisima
Kondisi    : Baru/New
Dimensi   : 260 cm x 105 cm
Harga       : Rp. 750.000,-







Motif batik sido luhur merupkan salah satu motif batik klasik yang dikenakan oleh penganten putri pada saat melangsungkan acara pernikahan, yaitu kain motif  batik Sidoluhur. Batik Sidoluhur dikenakan oleh penganten putri pada malam pengantin yang bermakna dua jiwa menjadi satu untuk menjalani kehidupan yang luhur dan mulia.
Jika dilihat dari sejarahnya, motif batik sidoluhur ini konon diciptakan Ki Ageng Henis, kakek dari Panembahan Senopati pendiri Mataram Jawa, serta cucu dari Ki Ageng Selo.
Ki Ageng Henis mencipatakan batik Sidoluhur untuk anak keturunannya dengan harapan agar si pemakai dapat berhati serta berpikir luhur sehingga dapat berguna bagi masyarakat banyak.
Menurut seorang pengamat budaya Jawa, Winarso Kalinggo, motif itu kemudian dimanifestasikan ke selembar kain (dicanting) oleh Nyi Ageng Henis. Nyi Ageng sendiri adalah seorang yang mempunyai kesaktian. Mitosnya, Nyi Ageng selalu megeng (menahan) nafas dalam mencanting sampai habisnya lilin dalam canting tersebut. Hal itu dimaksudkan agar konsentrasi terjaga dan seluruh doa dan harapan dapat tercurah secara penuh ke kain batik tersebut.
Sedangkan motif batik Sidoluhur Gringsing hanya menambahkan ornamen gringsing atau sisik. Jika anda berminat dengan batik tulis motif sido asih bisa datang langsung ke alamat kami atau melalui pemesanan jarak jauh.

Hubungi :
Tlp.(0274) - 7003224 Hp. 081215508040
Centra Batik Tulis Sekar Langit
D/a. Islahul Abid
Cengkehan Rt.03/24 Wukirsari, Imogiri, Bantul
Yogyakarta - Indonesia 55782