Thursday 1 May 2014

Batik Motif Parang Barong

Indonesia memang kaya akan budaya dan tradisi yang mengandung nilai seni, sejarah dan filosofi, diantara warisan budaya leluhur adalah batik tulis, berbagai macam motif dan jenis terdapat di Indonesia sebagai suatu warisan budaya, seni dan juga petuah filosofi-filosofi kehidupan yang tak ternilai harganya. Diantara berbagai macam motif batik tulis salah satunya adalah motif " Parang Barong ". Berikut akan sedikit saya ulas mengenai sejarah dan nilai filosofi yang terkandung dalam motif batik tulis Parang Barong :
Motif batik tulis Parang Barong  ini berasal dari kata “batu karang” dan “barong” (singa). Parang Barong merupakan parang yang paling besar dan agung, dan karena kesakralan filosofinya motif ini pada zaman dahulu  hanya boleh digunakan untuk Raja, terutama dikenakan pada saat ritual keagamaan dan meditasi. Motif ini diciptakan Sultan Agung Hanyakrakusuma yang ingin mengekspresikan pengalaman jiwanya sebagai raja dengan segala tugas kewajibannya, dan kesadaran sebagai seorang manusia yang kecil di hadapan Sang Maha Pencipta.


Kata barong berarti sesuatu yang besar, dan ini tercermin pada besarnya ukuran motif tersebut pada kain. Motif Parang Rusak Barong ini merupakan induk dari semua motif parang. Motif ini mempunyai makna agar seorang raja selalu hati-hati dan dapat mengendalikan diri, berwibawa dan bijaksana. Motif Parang Barong sangat cocok digunakan oleh seseorang yang menjabat sebagai pimpinan di kalangan masyarakat atau negara.
Centra batik tulis Asli Yogyakarta " Sekarlangit menyediakan berbagai macam motif batik tulis yang terjamin keaslian dan mutunya, yang dibuat oleh parang pengrajin batik tulis yang terampil dan berpengalaman secara turun temurun dari nenek moyang.

Kode        : SL 025
Kain          : Primisima
Kondisi    : Baru/New

Dimensi   : 260 cm x 105 cm
Harga       : Rp. 950.000,-







Jika anda berminat dengan batik tulis motif parang barong bisa datang langsung ke alamat kami atau melalui pemesanan jarak jauh.
Hubungi :
Tlp.(0274) - 7003224 Hp. 081215508040
Centra Batik Tulis Sekar Langit
D/a. Islahul Abid
Cengkehan Rt.03/24 Wukirsari, Imogiri, Bantul
Yogyakarta - Indonesia 55782