Thursday 1 May 2014

Batik Motif Parang Kusumo

Pusat batik tulis asli Indonesia " Sekar Langit " menyediakan koleksi berbagai macam motif batik tulis  yang terjamin keaslian dan kwalitasnya, di buat oleh pengrajin batik tulis asli Yogyakarta yang terampil dan berpengalaman secara turun -temurun dalam kerajianan batik tulis. Dalam kesempatan kali ini kami persembahkan karya batik tulis asli Yogyakarta dengan motif "Parang Kusumo ".
Batik Tulis Parang Kusumo berasal dari kata “kusumo” yang artinya kembang atau bunga yang dikaitkan dengan kembanging ratu. Sesuai dengan namanya, batik Parangkusumo pada zaman dahulu hanya dipakai oleh kalangan keturunan raja secara turun-temurun bila berada didalam keraton.

Motif batik Parangkusumo terdiri dari unsur motif api dan motif mlinjon. Motif-motifnya tersusun menurut garis diagonal, motif api atau motif parang posisinya bertolak belakang dengan motif mlinjon yang berbentuk segi empat belah ketupat. 
Pusat kerajinan batik tulis dan produsen batik tulis " Sekar Langit " menyediakan beberapa motif " Parang Kusumo " sebagai berikut :





Kode        : SL 022
Kain          : Primisima
Kondisi    : Baru/New
Dimensi   : 260 cm x 105 cm
Harga       : Rp. 650.000,-







Kode        : SL 023
Kain          : Primisima
Kondisi    : Baru/New
Dimensi   : 260 cm x 105 cm
Harga       : Rp. 750.000,-







Kode        : SL 024
Kain          : Primisima
Kondisi    : Baru/New
Dimensi   : 260 cm x 105 cm
Harga       : Rp. 550.000,-








Di tengah tengah motif api terdapat dua motif bunga kecil yang bertajuk tiga dan saling bertolak belakang. Motif batik parang kusuma biasanya digunakan untuk busana pengantin Kasatrian Ageng. Pengertian bunga sama dengan kusuma yang mempunyai makna generasi muda bunga harapan, Jika dirasakan dengan arti perlambangnya memang sesuai dengan fungsinya yaitu sebagai busana putra-putri Sultan yang semula digunakan untuk malem selikuran, sekarang menjadi busana pengantin.


Jika anda berminat dengan batik tulis motif parang kusumo bisa datang langsung ke alamat kami atau melalui pemesanan jarak jauh.
Hubungi :
Tlp.(0274) - 7003224 Hp. 081215508040
Centra Batik Tulis Sekar Langit
D/a. Islahul Abid
Cengkehan Rt.03/24 Wukirsari, Imogiri, Bantul
Yogyakarta - Indonesia 55782