Monday 5 May 2014

Batik Motif Parang Rusak

Indonesia memang kaya akan budaya dan seni, salah satunya adalah seni batik atau batik tulis, disamping memiliki nilai seni batik juga merupakan karya tradisi dan budaya terutama di tanah jawa. Batik Tulis sudah secara turun temurun diwariskan oleh nenek moyang kita sebagai suatu seni,tradisi dan budaya, hal ini bisa kita lihat di kampung batik Giriloyo - Yogyakarta, yang hampir semua warga di sini merupakan pengrajin batik tulis Asli.
Seni membuat karya seni  batik dikenal oleh beberapa etnis bangsa. Siapapun boleh membuat wastra batik. Batik Indonesia kaya pola dan motif, jumlah nya ribuan. Jumlah ini akan terus bertambah sejalan dengan kreativitas cipta para seniman batik yang terus tumbuh di negeri ini.
Pola dan motif Batik Indonesia yang merujuk pada sikap pandang manusia pada lanskap lingkungan dan kehidupan, diungkap dengan bentuk-bentuk stilasi. Seperti tumbuhan, gunung, hewan, sawah,sungai,laut dan ikon-ikon kehidupan kuno lainnya. Diyakini, tiap pola dan motif itu tercipta lewat olah laku kreatornya.



Bentuk pola kuno sangat populer adalah Parang Rusakyang kisah penciptaannya masih kerap diperdebatkan. Mengutip buku Batik “Pengaruh Zaman dan Lingkungan” (H.Santosa

Doellah/Danar hadi 2002) ada yang menyebut pola parang rusak muncul dimasa Raden Panji, pahlawan kerajaan Kediri dan Jenggala,Jawa Timur, pada abad ke 11.
Yang lain percaya,desain ini diciptakan oleh Sultan Agung dari Mataram (1613-1645) usai meditasi di pantai Selatan Jawa. Konon,ilham datang dari fenomena gelombang-gelombang besar yang memecah karang dan merusaknya. Dalam bahasa Jawa, istilah parang dekat dengan kata karang. Parang rusak berarti karang yang pecah atau rusak.
Pusat batik tulis Asli Yogyakarta " Sekar Langit " menyediakan batik tulis dengan motif parang rusak, dikerjakan oleh para pengrajin batik tulis yang profesional yang sangat ahli di bidang kerajianan batik tulis secara turun temurun dari nenek moyang.

Kode        : SL 028

Kain          : Primisima
Kondisi    : Baru/New

Dimensi   : 260 cm x 105 cm
Harga       : Rp. 950.000,-






Jika anda berminat dengan batik tulis motif parang rusak bisa datang langsung ke alamat kami atau melalui pemesanan jarak jauh.
Hubungi :
Tlp.(0274) - 7003224 Hp. 081215508040
Centra Batik Tulis Sekar Langit
D/a. Islahul Abid
Cengkehan Rt.03/24 Wukirsari, Imogiri, Bantul
Yogyakarta - Indonesia 55782